Bahaya Rokok Untuk Kesehatan

Tentu Anda sudah sangat tidak asing lagi dengan peringatan dilarang merokok. Dua kata itu dapat dengan mudahnya didapati dimana saja. tentu saja sangat wajar apabila mengingat bebrapa efek negatif yang diakibatkan karena merokok pada organ tubuh Anda.

Satu diantara konsekwensi paling utama yang dapat Anda peroleh dari rokok yaitu menanggung derita penyakit jantung. Diprediksikan, sejumlah 20% kematian karena penyakit jantung berkaitan langsung dengan rutinitas merokok. Mengapa rokok demikian beresiko? Apa sajakah dampak negatif yang lain dari rokok?

Tengok saja kandungan yang ada pada sebatang rokok. Lebih dari 4000 bahan kimia ada di dalamnya. Beberapa ratus salah satunya zat beracun serta kurang lebih 70 bahan di dalamnya miliki sifat kanker. Beberapa bahan beresiko pada sebatang rokok, diantaranya :

Karbon monoksida. Zat yang sering diketemukan pada asap knalpot mobil ini dapat mengikat diri pada hemoglobin dalam darah dengan permanen hingga menghalang penyediaan oksigen ke badan. Hal itu buat Anda cepat capek. Saat merokok, kandungan tar didalam rokok juga akan turut terisap. Zat ini juga akan mengendap di paru-paru Anda serta beresiko negatif pada kemampuan rambut kecil yang melapisi paru-paru. Walau sebenarnya rambut itu bertugas untuk bersihkan kuman dan hal yang lain keluar dari paru-paru Anda.
Gas oksidan. Gas ini dapat bereaksi dengan oksigen. Keberadaannya pada tubuh lebih menambah resiko stroke serta serangan jantung karena penggumpalan darah.

Benzene. Zat yang ditambahkan kedalam bahan bakar minyak ini dapat mengakibatkan kerusakan sel pada tingkat genetik. Zat ini dihubungkan dengan beragam type kanker seperti kanker ginjal serta leukimia.
Terkecuali beberapa bahan diatas, banyak kandungan beracun pada sebatang rokok seperti arsenic (dipakai dalam pestisida), toluene (diketemukan pada pengencer cat), formaldehyde (dipakai untuk mengawetkan mayat), hydrogen cyanide (dipakai untuk buat senjata kimia), serta cadmium (dipakai untuk buat baterai).
Saat Anda merokok, Anda semakin lebih mungkin saja terserang serangan jantung. Perokok berisiko dua sampai empat kali lebih tinggi menanggung derita penyakit jantung. Resiko lebih tinggi lagi apabila Anda perokok wanita yang tengah konsumsi pil KB.

Waktu merokok, Anda juga akan ikut memasukkan beberapa zat beresiko yang dapat beresiko sangat jelek bagi tubuh, terutama jantung. Misalnya zat nikotin. Saat nikotin masuk ke badan, zat itu dapat mengurangi kandungan oksigen yang juga akan masuk ke darah. Zat yang berbentuk candu ini dapat juga percepat detak jantung, menambah desakan darah, mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dalam jantung, serta percepat pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Begitu juga dengan sebagian akibat buruk pada organ badan yang lain. diantaranya :

Otak
Mulut serta Tenggorokan
Paru-paru
Lambung
Kulit
Organ reproduksi

Semoga informasi ini makin menyadarkan Anda yang sampai saat ini masih melakukan menghisap rokok.

irina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *